KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI WISATA BUDAYA YANG STRATEGIS DI NUSA TENGGARA TIMUR MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT
Kata Kunci:
Weighted Product, SPK, Wisata budayaAbstrak
Pada umunya mengunjungi destinasi wisata budaya dengan mempertimbangkan sejarah, harga, pelayanan, waktu oprasional, jarak dan rating. yang digunakan dapat saling bertentangan seperti sejarah yang bagus dan jarak tempuh lokasi. meimiliki rating bagus tetapi jarak tempuh yang jauh, hal seperti ini sehingga tidak dapat diselesaikan menggunakan rumus matematika linier umum sehingga permasalahan ini termasuk permasalahan yang bersifat tidak terstruktur. Jumlah yang relatif banyak terkait wisata budaya mebuat orang-orang bingung menentukan pilihan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Pembahasan dari penelitian ini kriteria yang digunakan dalam menentukan wisata budaya adalah sejarah, harga, pelayanan, kualitas, rating dan jarak, menggunakan metode WP sehingga mampu memberikan hasil keputusan berupa rekomendasi tempat wisata budaya di Provisnsi Nusa Tenggara Timur berdasarkan kriteria penilaian yang ditentukan dan alternatif tempat wisata yang diberikan. Metode pengumpulan data merupakan tahapan awal, sebagai penunjang penelitian ini, Dimana menggunakan dua metode saja yaitu berupa observasi dan studi literatur (kajian pustaka). Berdasarkan hasil Analisa dalam proses pemilihan lokasi wisata budaya di Provinsi Nusa Tenggara Timur peneliti membuat perhitungan manual dengan metode weigted produk dimana kriteria ada 9 dan alternatifnya ada 10. Dari hasil perhitungan tersebut peneliti membuat kepiutusan dengan melihat rangking dari perhitungan WP Dimana Rumah Pengasingan Bung Karno mendapat peringkat pertama dengan nilai 0,126. Maka metode untuk penelitian sangat cocok untuk rekomendasi tempat wisata budaya.