MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL DI ERA DIGITAL

Penulis

  • Cindy Satika Lesmana UIN Sumatera Utara
  • Ahmad Sampurna Rambe UIN Sumatera Utara
  • Sri Tsulatsiah Putri Nabila UIN Sumatera Utara
  • Syahraini Puspa Daulay UIN Sumatera Utara
  • Farhan Sauqi Abdi Hrp UIN Sumatera Utara
  • Zidan Sayrevi UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Strategi, Manajemen, Media Sosial, Era Digital

Abstrak

 

Teknologi dan media komunikasi yang semakin berkembang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat dalam memperoleh dan mengosumsi informasi. Memasuki era digital seperti pada saat ini, media sosial merupakan media nomor satu yang digunakan oleh masyarakt untuk memperoleh informasi demi memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini berfokus pada bagaimana manajemen strategi dalam mengelola media sosial di era digital ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan teknik studi literatur, dimana data dikumpulkan melalui sejumlah buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian. Studi literatur dilakukan dengan membaca, mencatat, dan mengelola bahan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah dalam mengelola media sosial diperlukan manajemen strategi dengan menerapkan keempat fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Manajemen strategi diperlukan agar individu atau sebuah perusahaan bisa mengelola media sosial dengan baik dan menciptakan sebuah konten yang memiliki nilai dan dapat menarik perhatian masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01