PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME PADA MATA PELAJARAN TIK MENGGUNAKAN WORDWALL DI KELAS XII MTI CANDUANG

Penulis

  • Mulya Sari UIN SJECH M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi UIN SJECH M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Khairuddin UIN SJECH M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Liza Efriyanti UIN SJECH M.Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Wordwall, TIK

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya permasalahan di MTI Canduang. kurangnya pemanfaatan media pembelajaran animasi yang kreatif serta bervariasi dan belum adanya pengembangan media pembelajaran animasi agar pembelajaran lebih kreatif dan inovatif. Hal ini disebabkan oleh peran guru yang kurang dalam mengeksplorasi teknologi pembelajaran yang lebih baik sehingga proses belajar hanya menggunakan media ataupun sarana konvensional. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti tertarik melakukan sebuah studi penelitian dengan judul “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Mata Pelajaran TIK Menggunakan Wordwall Di Kelas XII MTI Canduang”. Studi ini mengadopsi metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penerapannya, menggunakan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap utama,  Need Assessment (Analisis Kebutuhan) melibatkan evaluasi masalah, pendidikan, gagasan, serta tujuan. (Desain) bertujuan mengidentifikasi dan mendokumentasikan produk yang diatur untuk mencapai sasaran pembuatan media. Sementara (Pengembangan dan Implementasi) merupakan tahap pengembangan dan penerapan meliputi pembuatan flowchart dan pengujian. Produk akan diuji menggunakan uji validitas dengan formula statistik Aiken's V, uji praktikalitas dengan metode moment kappa, dan uji efektivitas dengan formula statistik Richard R. Hake (G-Score).

 

This research was motivated by problems at MTI Canduang. lack of use of creative and varied animated learning media and the absence of development of animated learning media to make learning more creative and innovative. This is caused by the teacher's role being lacking in exploring better learning technology so that the learning process only uses conventional media or facilities. Based on this problem, researchers are interested in conducting a research study with the title "Designing Game-Based Learning Media in ICT Subjects Using Wordwall in Class XII MTI Canduang". This study adopts the development method or Research and Development (R&D). In its application, using the Hannafin and Peck model which consists of three main stages, Need Assessment (Needs Analysis) involves evaluating problems, education, ideas and goals. (Design) aims to identify and document products that are arranged to achieve media creation goals. Meanwhile (Development and Implementation) is the development and implementation stage including creating flowcharts and testing. The product will be tested using a validity test using the Aiken's V statistical formula, a practicality test using the moment kappa method, and an effectiveness test using the Richard R. Hake statistical formula (G-Score).

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-27