KOMUNIKASI EDUKASI HUMAS SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH

(Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ulu)

Penulis

  • Rissa Sabrina Putri UIN Raden Fatah Palembang
  • Eraskaita Ginting UIN Raden Fatah Palembang

Kata Kunci:

Komunikasi Edukasi, Komunikasi Publik, Pemilihan Kepala Daerah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran komunikasi edukasi humas sebagai media komunikasi publik dalam konteks Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang melibatkan wawancara dengan informan kunci dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan, termasuk penggunaan media sosial dan komunikasi tatap muka, berhasil meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tahapan dan prosedur Pilkada. Komunikasi edukasi humas mampu mencerdaskan masyarakat sehingga dapat meminimalisir berita bohong (hoax). Peran kehumasan harus responsif dalam mengelola segala macam isu, termasuk isu terkait hoax. Sosialiasi komunikasi edukasi humas dengan secara langsung terhadap masyarakat merupakan pengembangan model komunikasi yang lebih efektif dan insklusif dan mendukung proses demokrasi di daerah. Komunikasi edukasi humas membantu masyarakat untuk mengubah sikap dan perilaku politik masyarakat.  Berdasarkan hasil rekapan didapatkan hasil Pilkada dimenangkan oleh pasangan Teddy & Marjito yang mengalahkan pasangan Yudi & Elita. Komunikasi edukasi humas sebagai media komunikasi publik memaparkan rekap tersebut untuk dapat dilihat kepada masyarakat atas hasil pemilihan yang mereka pilih dan strategi ini mencakup penggunaan berbagai media komunikasi, baik media tradisional seperti radio dan surat kabar, maupun media digital seperti website resmi, media sosial, dan aplikasi berbasis internet.

This research aims to explore the role of public relations educational communication as a public communication medium in the context of the Regional Head Election (Pilkada) in Ogan Komering Ulu Regency. The method used is qualitative research involving interviews with key informants from the Communication and Information Service (Diskominfo). The research results show that the communication strategies implemented, including the use of social media and face-to-face communication, succeeded in increasing public understanding of the stages and procedures of the Pilkada. Public relations educational communication is able to educate the public so that it can minimize fake news (hoaxes). The role of public relations must be responsive in managing all kinds of issues, including issues related to hoaxes. The dissemination of public relations education communication directly to the community is the development of a more effective and inclusive communication model and supports the democratic process in the region. Public relations educational communication helps the community to change people's political attitudes and behavior. Public relations educational communication helps people to change people's political attitudes and behavior.  Based on the recapitulation results, it was found that the Pilkada results were won by the pair Teddy & Marjito who defeated the pair Yudi & Elita. Public relations educational communication as a public communication medium presents the recap so that the public can see the results of the election they chose and this strategy includes the use of various communication media, both traditional media such as radio and newspapers, as well as digital media such as official websites, social media, and internet-based applications.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30