ANALISIS PENGGUNAAN ARSIP ELEKTRONIK DI UPTD ALAT PERBEKALAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PERBEKALAN PROVINSI JAMBI

Penulis

  • M. Zalvin Haviz Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Muliadi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi

Kata Kunci:

Implementasi, Arsip Elektronik

Abstrak

Dalam lingkup instansi pemerintah, surat masuk dapat diartikan sebagai sebuah surat yang masuk dalam suatu instansi atau perusahaan atau bisa juga pada bagian lain yang dikirim oleh instansi atau perusahaan lain. Namun, surat masuk juga bisa berasal dari instansi atau Perusahaan yang sama, tetapi bagian yang lain. Setiap surat yang masuk dalam sebuah instansi atau Perusahaan dapat dikatakan sebagai surat berharga. Hal ini dikarenakan setiap surat dapat digunakan sebagai bahan yang otentik sekaligus landasan bagi institusi atau Perusahaan untuk melaksanakan suatu kegiatan. Maka dari itu, dalam Perusahaan atau institusi perlu melakukan pengaturan atau pengelolaan surat yang masuk secara tepat, sehingga kegiatan institusi atau Perusahaan bisa terlaksana secara maksimal. Sementara itu, pengertian surat keluar adalah surat yang dibuat dan dikeluarkan oleh sebuh instansi atau Perusahaan untuk dikirimkan kepada pihak lain, baik itu perorangan atau bagian dari suatu instansi Selain itu surat keluar bisa dipahami sebagai surat yang sudah lengkap dari suatu instansi, organisasi atau Perusahaan. Surat yang sudah lengkap yaitu surar yang memiliki tanggal, nomor, stemple, hingga tanda tangan oleh pihak yang berwenang. Surat keluar biasanya digunakan sebagai bentuk jawaban atas surat masuk yang diterima.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31