ANALSIS SENTIMENT REVIEW APLIKASI MOBILE LEGEND MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE DAN ADABOOST
Kata Kunci:
Moba, Mobile Legend, Vector Machine, Adaboost, Data MiningAbstrak
Game online MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) merupakan game genre Real Time Strategy yang digandrungi player saat ini. Bahkan terdapat event turnament setiap tahunnya salah satunya game mobile legend. Pertumbuhan pengguna Mobile Legends pada tahun 2016 dimainkan sebanyak 30 juta orang, sedangkan pada tahun 2018 mencapai 200 juta orang. Pada App Store jumlah pengguna yang mendownload aplikasi pada saat ini mencapai lebih dari 500 juta download sehingga Jumlah tersebut membuat Mobile Legends selalu menduduki peringkat pertama di playstore. Pada ulasan play store sendiri terdapat 31 juta ulasan masyarakat mengenai game mobile legend tersebut. Pada ulasan masyarakat mengenai game mobile legend memeliki komentar dan pendapat masyarakat yang berbeda-beda baik itu saran, support ataupun dukungan dan tak jarang pada ulasan tersebut terdapat komentar-komentar negatif mengenai game ini. Opini-opini masyarakat tersebut dapat diolah dengan mengguanakan pembelajaran learning untuk mengetahui komentar positif dan komentar negative salah satunya menggunakan Vector Machine (SVM) dan juga Adaboost. Hasil dari pemodelan algoritma yang dilakukan mendapatkan nilai akurasi yang sangat tinggi yaitu 99,31%