APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT KABUPATEN BINTAN

Penulis

  • Muhammad Reza Pahlefi Politeknik Negeri Batam
  • Dwi Ely Kurniawan Politeknik Negeri Batam

Kata Kunci:

Bintan, Pemerintah Kabupaten Bintan, Pengaduan masyarakat

Abstrak

Sistem pengaduan masyarakat dilatarbelakangi oleh kondisi dimana Pemerintah Kabupaten Bintan menginginkan adanya sistem atau aplikasi pengaduan yang dapat memudahkan mereka dalam melakukan atau mengakses sistem tersebut. Tujuan dari pembuatan sistem pengaduan masyarakat ini adalah untuk memperbaiki sistem yang telah berjalan menggunakan sistem manual dengan sistem baru yaitu web. Serta merancang hasil evaluasi antara sistem manual dan sistem online dengan mengetahui tingkat efektivitas Aplikasi Pengaduan Online Berbasis Web Dalam Melayani Pengaduan di wilayah Bintan, dalam melayani pengaduan masyarakat di wilayah Bintan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bintan pada tahun 2018, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pendekatan dengan cara ini digunakan untuk mengungkap efektivitas aplikasi pengaduan online berbasis web dalam melayani pengaduan konsumen atau masyarakat di Kabupaten Bintan. Subyek penelitian ini adalah Kepala Subbagian TI beserta jajaran Pemkab Bintan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara kepada pegawai Pemerintah Kabupaten Bintan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem aplikasi pengaduan masyarakat sangat efektif bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bintan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29