Analisis Manajemen Layanan E-Library Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada Universitas Muhammadiyah Palembang
Kata Kunci:
Analisis Manajemen Layanan, E-Library, ITIL Versi 3Abstrak
Perkembangan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan pada evolusi e-library. Awalnya, e-library hanya menawarkan akses terhadap dokumen-dokumen digital dalam bentuk teks. Namun seiring kemajuan teknologi, e-library telah berkembang menjadi platform multimedia yang mendukung berbagai jenis materi, termasuk video, audio, dan grafik interaktif. Pengelolaan layanan teknologi informasi (TI) merupakan aspek krusial dalam mendukung operasi bisnis yang sukses dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk melakukan analisis mendalam terhadap manajemen layanan E-Library di Universitas Muhammadiyah Palembang. Menggunakan framework ITIL Versi 3. Hasil Dari perhitungan Maturity Level yaitu bernilai 2,87 (defined) yang berada pada level 3 artinya proses-proses pendokumentasian, standarisasi, dan pengukuran telah berjalan secara optimal. Dengan hasil perhitungan nilai gap yaitu 1.12 yang artinya kesenjangan dari masing-masing gap tidak terlalu bes