IMPLEMENTASI METODE EXTREME PROGRAMMING DALAM PERANCANGAN SISTEM REMINDER SERVICE MOBIL BERKALA DENGAN PENERAPAN WHATSAPP GATEWAY PADA BENGKEL HIJRAH AUTO CARE

Penulis

  • Putri Ramadhani Universitas Harapan Medan
  • Marina Elsera Universitas Harapan Medan

Kata Kunci:

Bengkel, Reminder Service, Jadwal Service Berkala, Extreme Programming (XP), Webstie Technology

Abstrak

The rapid development of information technology has encouraged various sectors to improve efficiency in services, including in the field of vehicle maintenance and repair services. Hijrah Auto Care Workshop, as one of the workshops that provides four-wheeled vehicle maintenance and repair services in Medan City, is experiencing problems with customers who often forget their vehicle service schedules due to age factors and also the busyness of each customer. This can have a negative impact on the workshop, especially a decrease in customer loyalty. Meanwhile, for customers, delays in vehicle service can cause various undesirable problems such as decreased vehicle performance, the potential for more severe damage, and even safety risks while driving. This research is important to conduct because it is based on the workshop's need for information regarding customer vehicle service schedules to minimize problems and unexpected losses. The main objective of this research is to design and implement a website-based service reminder system with WhatsApp gateway integration, which can provide reminder messages regarding service schedules, using the Extreme Programming Method. The results of this research indicate that the system can help workshop administrators manage customer data in a more organized and efficient manner, as well as improve communication between workshops and customers. This system also contributes to increased customer loyalty.

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi dalam pelayanan, termasuk pada bidang jasa perawatan dan perbaikan kendaraan. Bengkel Hijrah Auto Care sebagai salah satu bengkel yang melayani jasa perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat di Kota Medan, yang mengalami permasalahan pelanggan yang sering lupa akan jadwal service kendaraan dikarenakan factor usia dan juga factor kesibukan masing-masing pelanggan. Hal tersebut dapat berdampak negatif terhadap bengkel, khususnya menurunnya tingkat loyalitas pelanggan. Sedangkan bagi pelanggan, keterlambatan dalam melakukan service kendaraan dapat menimbulkan berbagai permasalahan yang tidak diinginkan seperti penurunan performa kendaraan, potensi kerusakan yang menjadi lebih parah, hingga risiko keselamatan saat berkendara. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena didasari oleh kebutuhan informasi dari pihak bengkel akan jadwal service kendaraan pelanggan guna meminimalisir permasalahan-permasalahan dan juga kerugian yang tidak terduga. Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem reminder service berbasis webite dengan integrasi whatsapp gateway, yang dapat memberikan pesan pengingat mengenai jadwal service, dengan menggunakan Metode Extreme Programming. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu admin bengkel dalam mengelola data pelanggan secara lebih tertata dan lebih efisien, serta meningkatkan komunikasi antara bengkel dan pelanggan. Dan dengan adanya sistem ini berkontribusi terhadap peningkatan loyalitas pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30