ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SIPADUKO MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI DINAS DUKCAPIL KOTA JAMBI
Kata Kunci:
Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Aplikasi SiPaduko, End User Computing Satisfaction (EUCS)Abstrak
Aplikasi SiPaduko merupakan sistem pelayanan berbasis aplikasi yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan yang diakses secara online. Adapun jenis-jenis layanan pada aplikasi SiPaduko yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP-el), Mutasi Penduduk (Pindah/dating), Kutipan Akta Kelahiran, Perubahan Kewarganegaraan, Kutipan Akta Perceraian, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Perubahan Akta Catatan Sipil, Pengangkatan, Pengesahan, dan Kutipan Akta Perkawinan. Aplikasi SiPaduko sudah di download lebih dari 5000 pengguna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui fakto-faktor yang mempengaruhi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi SiPaduko dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online kepada pengguna aplikasi SiPaduko yang berdomisili di Kota Jambi, menggunakan teknik pengambilan sampel pada 110 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deksriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji probabilitas diperoleh nilai Sig. F Change sebesar 0,001, dapat dilihat bahwa secara keseluruhan dan bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Aplikasi SiPaduko di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Terbuktinya dalam pengujian secara simultan (uji F hipotesis) dari kelima hipotesis H1 variabel Content (Isi), H2 variabel Accuracy (Keakuratan), H3 variabel Format (Bentuk), H4 variabel Ease of Use (Kemudahan dalam Menggunakan Sistem), dan H5 variabel Timeliness (Ketepatan Waktu) memengaruhi User Satisfaction (Kepuasan Pengguna) yang dilakukan tidak ada yang ditolak atau bisa dikatakan semuanya diterima. Dalam penelitian ini hasil tingkat pencapaian responden terhadap Satisfaction (Kepuasan Pengguna) berdasarkan analisis data dari lima variabel tersebut diperoleh skor tingkat pencapaian responden terhadap Satisfaction (Kepuasan Pengguna) sebesar 80,82%, yang termasuk dalam kategori interval persentase 68% - 84% dengan kriteria puas. Jadi dalam penelitian ini hasil tingkat kepuasan pengguna Aplikasi SiPaduko di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi ditemukan bahwa mayoritas pengguna merasa puas dalam penggunaannya secara keseluruhan.
The SiPaduko application is an application-based service system that provides convenience to the public in population administration services that are accessed online. The types of services on the SiPaduko application are Identity Cards (KTP-el), Population Mutation (Moving/dating), Birth Certificate Citations, Citizenship Changes, Divorce Certificate Citations, Family Cards (KK), Child Identity Cards (KIA), Civil Registration Deeds Amendments, Appointments, Endorsements, and Marriage Certificate Citations. The SiPaduko application has been downloaded by more than 5000 users. The purpose of this study is to find out the factors that affect Service Quality on User Satisfaction of the SiPaduko Application with the End User Computing Satisfaction (EUCS) Method at the Jambi City Population and Civil Registration Office. Data collection was carried out by distributing questionnaires online to SiPaduko application users domiciled in Jambi City, using sampling techniques on 110 respondents. The analysis techniques used are descriptive analysis and hypothesis testing. Based on the results of the probability test, a Sig. F Change value of 0.001 was obtained, it can be seen that overall and together it has a positive and significant effect on the satisfaction of users of the SiPaduko Application at the Jambi City Population and Civil Registration Office. It is proven in the simultaneous hypothesis testing (F test) of the five hypotheses of the H1 variable Content, H2 variable Accuracy, H3 variable Format (Form), H4 variable Ease of Use, and H5 variable Timeliness variable affect User Satisfaction (User Satisfaction) that was done was not rejected or it could be said that everything was accepted. In this study, the results of the respondent's achievement level towards Satisfaction (User Satisfaction) based on data analysis from the five variables obtained a score of 80.82% for the respondent's achievement level towards Satisfaction (User Satisfaction), which is included in the category of percentage interval of 68% - 84% with satisfaction criteria. So in this study, the results of the satisfaction level of users of the SiPaduko Application at the Jambi City Population and Civil Registration Office found that the majority of users were satisfied with its overall use.