SISTEM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE PROGRESIF DAN PARTISIPASIF BERBASIS WEB PADA DESA MEKARMUKTI

Penulis

  • Laely Nafiasari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Ajar Rohmanu Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Endang Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat, Metode Progresif, Partisipasif, Web, Desa Mekarmukti

Abstrak

Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat merupakan suatu wadah yang dirancang agar bisa menerima, memproses dan menanggapi pengaduan atau laporan mengenai berbagai persoalan dan permasalahan bagi masyarakat. Dengan adanya sistem menggunakan metode progresif dan partisipasif berbasis web ini untuk memastikan suara atau keluhan masyarakat sampai pada staff di Desa Mekarmukti. Sehingga dapat ditanggapi secara efektif untuk pelayanan publik dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Pemerintah. Dalam implementasi, sistem supaya dibangun menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database MySQL. Pengujian dilakukan untuk memastikan kinerja sistem yang baik dan efesien.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31