ANALISIS POLA KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KARYAWAN

Penulis

  • Fitri Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Ukon Furkon Sukanda Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Riza Gusti Rahayu Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Kata Kunci:

Pola Komunikasi, Loyalitas, Organisasi

Abstrak

Pola komunikasi merupakan suatu bentuk dalam komunikasi yang dimana pengirim dan penerima informasi dapat memahami informasi secara bersama. Faktor pendukung komunikasi ialah komunikasi yang baik serta nyaman dalam runag lingkup kerja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pola komunikasi pimpinan dalam meningkatkan loyalitas karyawan  di departement finished goods di PT.Bando Indonesia serta ingin mengetahui faktor yang menjadi pendukung dalam melakukan komunikasi organisasi di PT.Bando Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kendali organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang digunakan pada PT.Bando Indonesia dalam Meningkatkan Loyalitas karyawan terdapat dua pola yaitu Pola Roda dan Pola Segala Arah. Faktor pendukung loyalitas karyawann terdapat pada komunikasi pimpinan dan lingkungan yang nyaman. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31