PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME EDUKASI MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR 3 DI PONDOK PESANTREN BAI’ATURRIDHWAN BUKITTINGGI
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Game Edukasi, Smart Apps Creator 3Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan Smart Apps Creator 3 pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Bai’aturridhwan Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Hannafin & Peck yang mempunyai 3 tahapan yaitu tahap Analisis kebutuhan, tahap desaign, tahap pengembangan serta implementasi, ke 3 tahap tersebut saling berkaitan dengan tahap evaluasi serta revisi. Pada pengujian media ada 3 pengujian yang dilakukan, yaitu uji validitas dari 3 orang ahli dengan nilai 0,75 kategori valid, uji praktikalitas dari 2 orang ahli dengan nilai 0,85 dengan kategori sangat tinggi dan uji efektivitas dari 15 orang penilai dengan nilai 0.87 dengan kriteria efektivitas tinggi.