PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE DI SMA NEGERI 5 BUKITTINGGI
Kata Kunci:
Media pembelajaran, Adobe Captivate, Perancangan media pembelajaran, Pembelajaran informatikaAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Dari hasil wawancara peneliti dengan guru dan siswa, diperoleh informasi bahwa SMAN 5 Bukittinggi menghadapi kendala sumber daya, seperti kurangnya perangkat lunak dan peralatan yang diperlukan agar metode tersebut nyaman untuk belajar. Guru mungkin tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang memadai dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran. Siswa kurang aktif dalam belajar karena kesulitan memahami materi. Peneliti merancang materi pembelajaran berbasis komputer Kelas X menggunakan Adobe Captivate di SMA Negeri 5 Bukittinggi dengan menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Penggunaan model pengembangan Hannafin dan Peck meliputi (1) penilaian kebutuhan (2) tahap desain, (3) pengembangan dan implementasi. Uji produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berhasil merancang bahan pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan Adobe Captivate. Alat bantu pembelajaran ini digunakan oleh guru dan siswa. Hasil pengecekan validitas 4 orang konfirmasi memperoleh skor rata-rata 77 dengan kriteria “Valid”. Hasil uji autentikasi kendaraan memperoleh nilai 74,5 dengan kriteria “Valid”. Uji validasi materi memperoleh skor 92,5 dengan kriteria “Sangat Valid”. Tes praktik memperoleh nilai 97 dengan kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan uji keefektifan sebanyak 15 orang siswa memperoleh nilai 80 pada taraf “Efektif”.