PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (TIK) UNTUK MENIGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Kata Kunci:
TI, Pembelajaran TI pada SiswaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kehidupan masyarakat terus menerus mengalami perubahan akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mencari informasi mengenai permasalahan penelitian ini secara deskriptif diperoleh dari narasumber yaitu kepala sekolah, ketua komite sekolah, kepala laboratorium komputer, guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif naratif, dengan alur: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi responden, metode dan waktu. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah menengah pertama walaupun baru terbatas sebagai media, sumber dan evaluasi pembelajaran, siswa jadi tidak merasa bosan belajar dan merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar. Dalam hal ini, media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa, media dapat memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan, media dapat menghasilkan keseragaman pengamatan, media juga dapat menanamkan konsep dasar yang benar dan tepat. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru serta media dapat mengontrol kecepatan belajar dan memberikan pengalaman yang menyeluruh kepada siswa dari hal-hal yang konkret sampai yang abstrak. Artinya bahwa pembelajaran yang dirancang dengan mengikutsertakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat mengubah sikap siswa sehingga lebih bergairah dalam belajar.
Abstract
This research is motivated by the fact that people's lives are continuously experiencing changes due to advances in science and technology, including education. The research method used in this research is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques used in research are observation, interviews and documentation. Researchers sought information regarding this research problem descriptively obtained from sources namely the school principal, school committee chairman, computer laboratory head, teachers and students. The data analysis technique used is descriptive narrative, with the flow: data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data validity was carried out by triangulating respondents, methods and time. From the results of research and discussions, it shows that the use of information and communication technology in the learning process in junior high schools, even though it is only limited as a medium, source and evaluation of learning, students do not feel bored with learning and stimulates students to be more enthusiastic about learning. In this case, the media can overcome the limited experience that students have, the media can enable direct interaction between students and the environment, the media can produce uniformity of observation, the media can also instill correct and appropriate basic concepts. Media can arouse new desires and interests and media can control the speed of learning and provide students with a comprehensive experience from concrete to abstract things. This means that learning designed to include information and communication technology-based media can change students' attitudes so that they are more enthusiastic about learning.