PENTINGNYA MEMAHAMI ETIKA DALAM PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL
Kata Kunci:
Etika, Media Digital, Etika Media DigitalAbstrak
Manusia memerlukan media dalam melakukan komunikasi dan berinteraksi. Pada penggunaannya, media berevolusi dari waktu ke waktu dimulai dari media analog hingga media digital. Penggunaan media digital oleh individu maupun masyarakat dalam prakteknya terkadang belum sejalan dengan etika dan tata cara yang sesuai. Oleh sebab itu penyebaran informasi dan interaksi yang terjadi di dalamnya banyak menimbulkan permasalahan sosial terkait etika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksploasi alasan dan latar belakang penyebab kurangnya etika dalam penggunaan media digital. Adapun pendekatan analisis literatur digunakan untuk mengkaji alasan dan latar belakang penyebab apa saja terkait kurangnya etika dalam penggunaan media digital. Ditingkat individu, penyebab kurangnya etika dalam menggunakan media disebabkan oleh kurangnya sosialisasi nilai-nilai moral, norma, etika sosial budaya, latar belakang Pendidikan dan perbedaan budaya yang signifikan. Sedangkan pada tingkat media informasi online berskala lokal dan nasional disebabkan oleh kurangnya literasi dan Pendidikan mengenai kode etik jurnalistik, fungsi controlling korporat, dan kepentingan korporat itu sendiri.